20 Mei 2013

Kutu Loncat

Awal lulus dulu, saya bingung pilih-pilih kerjaan. Sering banget nanya ke teman kuliah yang saya anggap lebih dewasa dan lebih dulu dapat kerjaan.

Salah satu yang menarik adalah ketika saya konsultasi mau ambil konsultan atau kontraktor. Waktu itu teman saya bilang, "Her, dimanapun kita kerja sekarang, pasti suatu saat kita pengen pindah. Jadi sebelum dapat yang benar-benar besar dan yakin minat, ambil saja yang resikonya kecil."

Benar saja, belakangan ini mulai banyak teman-teman yang ingin keluar kerja. Ada yang kesulitan karena masih mikir etika dan tanggung jawab, ada juga yang mengorbankan komitmen lamanya dengan pergi begitu saja tanpa pamit.

Di saat seperti itu, barulah saya mengerti manfaat dari menuruti saran teman saya. Anak fresh graduate itu jangan terlalu banyak bicara minat dan komitmen, kita ini masih mengambang. Bakal lebih enak kalau kita realistis, menerima keadaan bahwa kita masih punya ekspektasi macam-macam tentang kerjaan. Jadi ditimbang dulu, ambil yang resikonya kecil, konsisten sama pilihan, dan nikmati pengalaman kerja pertama. Kalau perlu pindah, ya pindahlah dengan etika dan tanggung jawab.

PS: penulis adalah seseorang yang dikenal suka menghindar dari masalah, oportunis, dan menjalani kuliah dengan kacamata kuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar