10 Feb 2013

Curah Hujan Rencana dg SNI-Metode Hersfield

Greetings,,

Buat para penikmat hidrologi, ini ada RSNI T-02-2004 tentang Tata cara penghitungan hujan maksimum bolehjadi dengan metode Hersfield yang bisa diunduh.

Seperti yang sudah kita tahu, kita bisa menggunakan beberapa cara untuk menghitung hujan rencana apabila kita memiliki serangkaian data hujan dari satu/lebih stasiun hujan. Cara tersebut mengikuti jenis distribusi hujan yang diketahui: normal, log-normal, gumbell, atau log-pearson III.

Sesuai dengan parameter statistik yang dimiliki oleh data hujan tersebut, dapat ditentukan jenis distribusi yang sesuai untuk menghitung hujan rencana. Parameter statistik yang dimaksud adalah:
1. rata-rata,
2. standar deviasi,
3. koefisien variasi (Cv),
4. koefisien skewness (Cs),
5. koefisien kurtosis (Ck), dan
6. rasio Cs/Cv.

Kali ini saya share metode lain menghitung hujan rencana atau hujan maksimum bolehjadi (Probable Maximum Precipitation/PMP) menggunakan metode Hersfield. Filenya bisa didownload di link ini, sementara contoh perhitungannya di link ini: Contoh perhitungan Metode Hersfield


3 komentar:

  1. sayang belum lancar masukin file excel ke blog. sementara main link dulu :P

    BalasHapus
  2. terima kasih mas bro.. sukses terus..

    BalasHapus
  3. maaf mas, apa mas punya pdf SNI untuk tata cara perhitungan dengan metode hershfield? karena linknya sudah tidak bisa dibuka. terimakasih

    BalasHapus