12 Feb 2013

Skripsi: Topik Sendiri atau Dari Dosen?

Sudah lebih dari enam bulan melalui masa-masa repot menulis skripsi. Saya masih ingat bagaimana bingungnya menentukan topik skripsi sekitar setahun yang lalu. Rasanya nano-nano: gemes pengen punya topik skripsi yang berkualitas, takut membayangkan ngerinya nulis-asistensi-seminar-skripsi-dll nya (soalnya menurut cerita skripsi itu susah bin lama),  dan senang merasa jadi mahasiswa tingkat akhir (senior banget).

Waktu itu saya banyak baca-baca jurnal untuk menentukan topik skripsi. Modalnya adalah free access ke online jurnal yang dilanggan UI, laptop lemot, dan wifi yang kembang kempis kecepatannya. Dalam hal mencari artikel, sebaiknya kita tahu dulu apa yang menjadi interest dari jurusan atau peminatan kita sehingga nanti tidak terlalu buang waktu memilih judul jurnal.

Bagaimanapun yang namanya usaha, tidak semua berhasil... Akhirnya saya memakai topik dari dosen pembimbing. Kebetulan waktu itu skripsi yang saya ambil masih termasuk dalam target penelitian dosen sehingga kalau dihitung-hitung saya bisa lulus sekaligus membantu dosen. By the way, kalau di antara teman-teman ada yang pakai topik dosen, saya sarankan untuk tetap banyak belajar dan menjunjung tinggi kreativitas karena... dosen itu biasanya hanya memberikan latar belakang masalah saja. Bahkan untuk menyusunnya menjadi proposal (Bab Pendahuluan sd Metode Penelitian), hampir 80% kita harus usaha sendiri.

Meski banyak teman saya yang mengerjakan skripsi dengan topik yang diusulkan dosen, tetap saja ada mahasiswa-mahasiswa luar biasa yang topiknya berasal dari ide sendiri. Saya pribadi sampai sekarang masih salut dengan teman-teman yang bisa lulus skripsi dengan mereka.



Nah, point yang ingin saya share di sini adalah, buat teman-teman yang baru mau menyusun skripsi, ada dua pilihan yang bisa teman-teman ambil untuk topik tugas akhir: ide sendiri atau minta masalah dari dosen.. Keduanya sama-sama menyenangkan, kalau lulus sama-sama bangga. Yang paling penting dari skripsi itu adalah menghimpun semua pelajaran dan pengetahuan kita ke dalam suatu karya, karena itulah skripsi disebut sebagai Tugas Akhir - Final Project.

Buat yang pengen cari topik sendiri, saya punya agenda riset nasional tahun 2010-2014 keluaran Kementerian Riset dan Teknologi yang bisa di download di sini. Topik dari riset atau penelitian yang masuk dalam agenda ini meliputi ketahanan pangan, energi, teknologi informasi dan komunikasi, transportasi, teknologi pertahanan dan keamanan, teknologi kesehatan dan obat, advanced material, dan sosial kemanusiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar