7 Jul 2010

Ingin Tambah Kreatif? Kenali Budaya Lain

Beruntunglah manusia Indonesia karena negerinya kaya akan keragaman budaya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Personality and Social Psychology Bulletin, kreativitas seseorang meningkat seiring dengan pengalamannya merasakan budaya-budaya yang berbeda.

Tiga pengamatan telah dilakukan untuk membandingkan siswa-siswa yang pernah hidup di luar negeri dengan mereka yang belum. Dalam pengamatan ini, kedua kelompok sampel tersebut diuji pada berbagai aspek kreativitas. Menurut hasil tes yang diberikan, siswa-siswa yang pernah hidup di luar negeri menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada mereka yang belum pernah merasakan budaya asing.

Dari pengujian ini, dibuatlah sebuah kesimpulan tentang hubungan kreativitas dengan penerimaan budaya seseorang. Dikatakan bahwa pembelajaran multikultural merupakan sebuah komponen penting dari proses adaptasi dan berfungsi sebagai katalis dari kreativitas. Secara umum, manfaat yang dipeeroleh dari sebuah pembelajaran multikultural adalah: 1) fleksibilitas ide, bagaimana memecahkan suatu masalah dengan beragam cara yang berbeda; 2) meningkatkan pemahaman akan hubungan berbagai masalah; dan 3) membantu mengatasi kemandegan fungsional.

Tentunya ini adalah sebuah kabar gembira bagi kita karena hidup dalam negara yang memiliki lebih dari 1.128 suku bangsa ini. Tanpa perlu paspor, kita sudah dapat belajar kebudayaan lain, entah dari tetangga, teman sebangku, atau orang yang baru kita temui di jalan. Luar biasa.. Dengan potensi yang demikian besar, bukan tidak mungkin kita dapat menjadi negeri paling kreatif di dunia. Ayo orang Indonesia..!

Daftar pustaka:
Experiencing Different Cultures Enhances Creativity. http://www.sciencedaily.com/releases/2010/06/100630101028.htm (Rabu, 7 Juli 2010)
Indonesia Miliki 1.128 Suku Bangsa. http://www.jpnn.com/berita.detail-57455 (Rabu, 7 Juli 2010)

gambar dari http://cornerstonestudio.files.wordpress.com/2010/01/bright-idea1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar