14 Sep 2009

Sekilas Pandang Teknik Sipil (Part 1)


Nggak terasa sudah dua semester kuliah di Teknik Sipil UI, akhir Agustus besok insyaAllah mau masuk semester tiga. Serasa baru sebelas hari yang lalu (hitungannya nanggung :P) ikut latihan Padus di Balairung. Begitulah, tugas kuliah di Sipil itu: intens banget, benar-benar ngabisin waktu dan tenaga sampai-sampai dua semester terasa cepat.

Materi Kuliah

Di Sipil UI, materi kuliah dua semester pertamanya itu tentang pengetahuan-pengetahuan alam dasar seperti Kalkulus, Fisika, dan Kimia, ditambah dengan mata kuliah wajib teknik.

Dari sekian banyak mata kuliah di Sipil, materi-materi khas Sipil selalu ngambil porsi besar dalam hal ngerepotin mahasiswa. Di semester satu ada mata kuliah Menggambar Teknik. Materinya tentang teknik-teknik dasar menggambar, baik pakai tangan (manual) ataupun pakai AutoCad. Tugas besarnya itu tentang rumah sehat. Mahasiswa disuruh mencari literatur mengenai syarat-syarat rumah sehat lalu mengadakan pengamatan dan pengukuran terhadap sebuah rumah warga. Setelah membandingkan keadaan riilnya dengan kriteria, mahasiswa ditugaskan untuk menggambar ususlan perbaikan rumah untuk membuat rumah tersebut memenuhi kriteria rumah sehat.

Sense of Engineering

Sounds interesting, eh? Memang ini interesting kok. Kalau kata Pak Josia, dosen Teknik Sipil UI, dalam Menggambar Teknik ini sebenarnya mahasiswa baru dilatih untuk mengembangkan sense of engineering nya. Dulu, ketika awal masuk, kita suka ditantang untuk menebak ukuran suatu ruang dan “isi” dari suatu karya teknik Sipil. Di gamtek, kita dituntut untuk pegang penggaris dan mengukur langsung rumah.

Yah, paling nggak, sekarang udah ga buta tentang ketekniksipilan.

Lanjutannya

Di semester berikutnya, mahasiswa dapat lanjutan dari Menggambar Teknik. Mata kuliahnya dinamakan Konstruksi Bangunan. Mata kuliah ini merupakan sekilas pandang mengenai semua kegiatan dan peminatan di Teknik Sipil.

Perlu diketahui, Sipil itu luas banget, ada yang tentang transportasi, struktur bangunan, kekuatan tanah, bangunan air, dan manajemennya. Tapi di semester ini mahasiswa lebih ditekankan untuk ngerti mengenai struktur rumah, khususnya rumah dua tingkat.

Rancang Sendiri Rumahmu

Tugas besarnya adalah menggambar lengkap struktur bangunan rumah dua tingkat. Di awal tugas, kita cuma dikasih denah rumah. Tugas mahasiswa adalah memikirkan bagaimana caranya membangun denah itu ke atas dan ke bawah supaya bisa jadi rumah dua tingkat yang oke. Omong-omong “dibangun ke bawah” itu cuma istilah pribadi sih, maksudnya itu bikin pondasi.

Nah, setelah tugas dikumpulkan, tugas kita dikembalikan untuk kemudian didiskusikan sama kelompok yang baru. Oh iya, perlu tahu nih, tugas konstruksi bangunan tadi itu tugas individual, tiap orang punya rencana rumahnya masing-masing.

Menghitung Biaya

Dari sekian gambar yang dibawa anggota kelompok, kita disuruh memenentukan RAB (Rencana Anggaran Biaya) salah satu desain. Jadi ceritanya kita benar-benar mau membangun rumah dari desain yang kita buat.

Nah, untuk tugas yang satu ini kita butuh buku referensi dan daftar harga material-material bangunan. Kalau itu semua sudah kita dapat, selanjutnya kita harus menghitung volume bangunan kita. Jujur saja, di semester dua kemarin hitungan saya jauh dari harga rata-rata. Selidik punya selidik, ternyata saya sempat salah hitung volume.

Memang benar kalau teman-teman bilang tugas yang satu ini ribet banget, banyak yang harus dihitung dan harus teliti. Banyak teman-teman yang nggak tidur lho.


Absolutely Incredible


Begitulah sekilas review dua semester di Sipil UI. Alhamdulillah, nggak nyesal ngambil Teknik Sipil di UI, habis asyik sih. Tapi saya juga sadar, saya ini masih perlu banyak belajar. Banyak kesempatan dan ilmu bertebaran di hari-hari saya, tapi sedikit sekali yang bisa kumanfaatkan. Malahan ada yang “terbuang”. Mudah-mudahan di semester tiga nanti nggak akan terulang lagi hal yang seperti ini. Amin.

1 komentar:

  1. Salam Sahabat Konstruksi Bangunan SemenTigaRoda,

    Terima kasih atas informasinya, sangat inspiratif dan inovatif. Jika memiliki karya-karya yang kreatif, silahkan dikirimkan ke Indocement Awards (Ajang Pencarian Karya Kreatif).

    Semoga pengunjung blog nya makin RAMAI dikunjungi

    Sukses selalu,
    Material Bangunan Rumah
    http://sementigaroda.com

    BalasHapus